Rabu, 18 November 2015

APA SAJA YANG HARUS DI PERSIAPKAN SAAT BACKPACKING

Hai gan,  kalian ngaku Backpacker, nah pasti kadang bingung nih apa saja sih yang harus di persiapkan sebelum berbackpacking ria, menjadi seorang backpacker sebenernya lebih berat di banding traveller, apa bedanya sih backpacker sama traveller ? menurut saya backpacer itu lebih survival ketika jalan - jalan, kenapa demikian, karena seorang backpacker itu bisa tidur dimana saja, kapan saja dia mau, entah di terminal, setasiun, bandara, bahkan tidur di toilet juga di jabanin asal bisa tidur. dibanding traveller yang biasanya ngikut saja sama opentrip yang ada fasilitas komplit tinggal berangkat.

Nah gan ini Tips dari gue buat kalian yang suka Backpackeran  simak ya.?

1. Tentukan Itinerary, apa itu Itinerary ? Itinerary adalah Urutan jadwal yang harus kita buat saat Backpacking, Itin sangat penting karena mau kemana kita, dengan apa kita kesana, jam berapa kita berangkat, jam berapa kita harus cabut semua harus tercantum dalam itinerary yang kita buat, tanpa itin biasanya karena keinginan berlebihan untuk mengunjungi suatu tempat tanpa perhitungan waktu tempuh dan kendala transportasi bisa menyebabkan waktu terbuang atau biaya menjadi mahal bahkan ketinggalan jadwal Bus, atau pesawat. nah sangat beresiko bukan, jadi Buat itinerary sedetail mungkin, browsing cari informasi di Internet sebanyak mungkin atau tanya temen kamu yang sudah pernah ke lokasi yang kamu ingin kunjungi.

2. Packing, nah apa saja yang biasanya kalian bawa saat backpackeran, Bawa seperlunya sesuai destinasi yang akan kalian kunjungi, kalo kalian mau kepantai pakai baju yang mact sama pantai kolor sama kaos pendek cukuplah, kalo di Gunung pake pakaian yang sesuai daerah pegunungan switter atau jaket tebal, sarung tagan, kupluk jangan pake bikini di gunung nanti banyak yang bersedia ngangetin, kalo city Tour simple aja ya Topi celana pendek sepatu ket, kaos saya rasa cukup kece kalo mau tambah kece lagi siapkan asesoris  yang bikin penampilanmu tambah WOW, gak mau kan keliatan jelek di mata kamera, ya kan, kalo wajah kamu kumel karena perjalanan, Tipsnya biar keliatan tetep kece bisa pakai kacamata, atau di padukan sama Topi karena g mungkin juga kan kita pake Pomade di pantai / gunung. atau kalo g ada air pas di gunung bisa pake tisu basah buat cuci muka biar keliatan bahagia. looh kok malah ngebahas fashion, back to packing, langsung Tips aja ya, kalo mau pakaian yang seabreg itu muat di backpack kamu, gulung setiap pakianmu dan di kareti pake karet gelang, gulungan pakaian juga menjadikan pakaian tetap rapi loh g perlu bawa setrika ke pantai mau di colokin dimana coba. nah obat - obatan pribadi, bisa bawa paracetamol kalo panas, obat alergi, obat mag, obat diare, atau anti septic kalo kegores karang atau batu. 

3. Kamera nah yang satu ini sangat menunjang perjalanan anda, dengan kamera anda bisa mengabadikan moment setiap waktu yang berkesan. Barang satu ini wajib dibawa bagi yang punya, karena suatu saat kita bisa ceritakan masa indah kita sama anak cucu kita nanti. "dek ini loh temen ayah dulu kalo di kereta suka tidur di kolong kursi," dek ini loh ayah dulu pernah ke toraja disini kalo anak kecil meninggal di gantung di pohon sama petinya. nah kan jadi Baper pengen punya anak' duh mamahnya anak - anak lg disimpen tuhan sabar - sabar.
 
4. Surat - surat penting. Surat penting seperti Pasport, KTP, atau STNK kalo bawa kendaraan pribadi jangan lupa ketinggalan, karena kita tidak tau hal apa yang akan terjadi saat kita backpackeran. jangan lupa bawa tas kecil / tas pinggang buat tempat surat - surat penting / Dompet dan HP, Karena bakalan ribet kalo kalian jadikan satu sama backpack yang kalian gendong sehari - hari.

5. SmartPhone. Jaman modern kaya gini barang satu ini sangat menunjang perjalan kita selain kita pake buat cari destinasi meskipun sudah ada itin, smartphone bisa menolong kita saat tersesat, kadang destinasi yang kita kunjungi penduduk lokalpun tidak tau namanya, kalo kita nanya nama lokasi tersebut, kita tunjukan gambar saja yang ada di smartphone kita ke pada penduduk sekitar apa lagi terkendala bahasa, dengan menunjukan gambar penduduk lokal lebih mengerti dibanding nama destinasi yang anda tuju.

6. Stopcontak - Barang satu ini sangat berguna loh, di lokasi yang kita kunjungi kadang smartphone kita mati bahkan powerbank juga mati cari aja masjid, numpang istirahat sama cocolin tuh stopkontack. kadang juga kalo di kereta cuman satu colokan biasanya rebutan ahaay dengan bawa stopkontact sendiri bahkan kita bisa menolong teman. 

Nah ribet kan kalo bawa kresek kemana - mana
Cukup kali ya gak perlu bawa banyak - banyak yang penting penting saja yang dibawa kalo bisa di tata yang rapi tuh barang di sisain buat oleh - oleh, kalo yang biasa pergi pulang bawa oleh - oleh kalo aku sih ogaaah bawa oleh- oleh. kalo mau oleh oleh sini kenal abang lebih dekat nanti ta critain banyak hal. ha..ha modus, Oke bay thanks ya udah baca sampe abis. salam Ransel


Sabtu, 14 Februari 2015

PANTAI UNIK DI MADURA - PANTAI LOMBANG

PANTAI LOMBANG 

Merupakan salah satu pantai yang ada di kabupaten Sumenep, Madura. Pantai ini terletak di sebelah timur Sumenep kira - kira berjarak 25 km. Pantai Lombang merupakan salah satu tempat wisata unggulan di Bumi Sumekar.
Suasana Pantai 
Keunikan pantai ini terletak pada keindahan alamnya yang merupakan pantai satu - satunya yang berada di Indonesia dengan bibir pantai yang di kelilingi hutan pohon cemara. di pantai ini anda bisa menikmati pasir pantai yang lembut dan deburan ombak yang tenang di sertai suasana sejuk pohon cemara yang siap menyambut anda melepaskan penat. Anda juga bisa menunggang kuda hanya dengan Rp10.000 bisa mengelilingi bibir pantai yang eksotis

Lagi - lagi Sampah
Di pantai ini anda juga bisa menikmati berbagai kuliner yang di sediakan beberapa rumah makan sekitar, seperti Rujak Cingur, Rujak Lontong, Es Kelapa muda, dan sebagainya, sambil memanfaatkan tempat duduk yang di sediakan di bawah pohon cemara, anda bisa bergurau ria menikmati surga dengan kawan anda.
Yoga di Pantai
Untuk mencapai lokasi anda dapat memanfaatkan angkutan umum, persewaan mobil, atau menyewa ojek dengan waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan dari Kota Sumenep. Jika Anda dari luar Pulau Madura, Anda dapat menyeberang melalui jembatan Suramadu. Dari Bangkalan, Anda dapat menggunakan angkutan umum menuju Kota Sumenep.

Jalan Menuju Pantai di kelilingi Rumah Makan

Gazebo pantai

Rabu, 24 Desember 2014

Green Youth Festival 2014

       Desember, minggu pagi tanggal 21 di tahun 2014, Mungkin banyak orang berfikir hari minggu, enaknya santai di depan TV sambil ngemil dan males - malesan. nah ini cerita minggu pagi w gan, Minggu ini w ada acara "GREEN YOUTH FESTIVAL 2014" di Graha Phatma, semarang. acara ini menarik menurut w, karena di sisi w dapetin ilmu tentang bagaimana melestarikan alam, dapet temen juga dari komunitas - komunitas sesemarang.



       Tujuan acara ini adalah para pemuda yang mengikuti acara #GYF2014 diharapkan semakin sadar dan ikut bergerak dalam upaya pentingnya pelestarian lingkungan sekitar, dengan tema "Youth Action for Environment" acara ini di ikuti ratusan peserta muda mudi dari komunitas sesemarang.

       Talk Show dari Vania Santoso (Ecopreneur), Dini Hajarrahmah (Founder CEO Semarang) dan Gues Star Artis Ibukota yang w belum kenal, memberikan stimulus dalam otak w, bahwa kita harus lebih sadar dan membiasakan diri mulai dari sekarang, untuk menjaga alam ini agar Tuhan yang telah menciptakan alam ini dengan tersenyum dan indahnya tidak rusak akibat kebiasaan kebiasaan buruk kita. selain itu Vania juga memberikan contoh beberapa produk daur ulang yang  dijadikannya tas yang bernilai ekonimi tinggi. nah semakin seru kan acaranya, lanjut nih gan, artis ibukota nyanyi dangdut buueh gempar dah satu ruangan. kebayangkan gimana hebohnya.

     






Selain itu acara puncaknya kita nanam mangrove di sungai deket Bandara Ahmad Yani Semarang, Siang itu panas terik tak meredupkan nyali kita buat mengabdi ke alam, kita di bekali segepok Pohon mangrove, kita juga di bekali ilmu cara menanam dan merawat nagrove yang benar.



Nah sedikit menyesal dan heran juga sih selesai menanam mangrove temen - temen peserta yang udah dibekali ilmu cara melestarikan alam malah buang Tisu sembarangan (Tisu bekas bersih-bersih badan yang kena lumpur), Bueeh w dan temen - temen w "BACKPACKER SEMARANG" langsung ambil langkah buat ngepungut tuh sampah yang berceceran disekitar lokasi penanaman mangrove "Dasar anak muda..!! sempet juga w tanya sama panitia "Ada trashbag? beliau jawab Maaf mas Lupa bawa, Duuuuh,.. Langsung deh Dus tempat minum yang udah g ke pake kita jadiin tempat sampah dadakan.  #SalamLestari Ingat ya teman - teman sampah sekecil apapun kalo kalian buang sembarangan bisa jadi petaka.


Rabu, 12 Maret 2014

PLAYON SAK KESELE KEKANCAN SAK LAWASE

Lari dengan aksesoris nempel di tubuh yang menyala...wah bisa bayangin gak gimana serunya,.? nih gan, simak ya,. GLOW RUNN dari Semarang Runner dalam agenda salah satu produk sepeda motor, agenda ketiga  dari empat kota terpilih yaitu Semarang yang di adakan tanggal 22 februari 2014 kemaren, acara ini di ikuti kurang lebih 1500 peserta runner di seluruh jawa tengah,

Lari dengan jarak 5 K bagi muda mudi yang belum terbiasa memang sedikit membuat kringat bercucuran dan terpacunya jantung lebih cepat berdetak, ya begitulah keadaanya,..tapi mereka semangat menghiasi jalanan di kota semarang dengan lampu -lampu hiasnya , start dari taman KB dan kembali ke sana sudah cukup menguras tenaga mereka, 100 starter pertama mendapatkan medali sperti atlit - atlit lari nasional di sea games, dan juara pertamanya bisa ikut lari di Singapore lo,  wah seru kan....!! 
EXHIBITION RUN 
Nah beda nih yang ikut lari exhibition run, jarak tempuh 12, 5 K - 13 K, dengan 3 groub start yang berbeda - beda, saya kebetulan ikut di groub S start dari Balai Kota semarang, Semarang runner di tunjuk sebagai komunitas utama yang mewakili exhibition runn.
Nah gan sebelum ikut lari ini nih, kita latihan setiap malam sabtu, trial 3 kali dengan jarak 12 K di sekitar semarang, meskipun tiap hari kamis Semarang Runner dengan agenda rutinnya Playon Kamis Bengi (PKB)  sudah melatih otot kita buat persiapan Exhibition runn, kita tetep harus latihan meskipun hujan badai menerpa tetep playon sak kesele,..kesel tapi sehat yo ora gan.?
SUKSES 12, 5 - 13 K merupakan suatu prestasi buat saya sendiri, mungkin inilah lari ter jauh yang pernah saya ikuti, yah sukur bisa selamat meskipun, sempet kram, tapi liat temen - temen semangat saya kuat dan semangat, 
Exhibition Run Meeting poin Banjir kanal

Para sahabat baik saya

Ingat gan, masa muda masanya ber api - api, (dangdut)  ayo tunjukan prestasi kita pada dunia, minim pada diri kita kalo kita BISA,.. #SEMANGAT_PLAYON 




REAKSI REkreasi Sambil berAKSI with adek - adek ku yang selalu semangat

Hai  guys, lama gak posting nih, sebenarnya banyak hal yang saya lakukan di dunia ini, dunia nyata, bukan sosmed, dan seharusnya banyak hal yang bisa saya shear disini tapi sayang sekali baru ada kesempatan buat buka laptop dan sedikit corat coret kembali di coretan manis ini, nah ini sebagian kegiatan yang pernah saya ikuti simak ya...sampe selesai dan ambil sisi positifnya..chek this out.
REAKSI (Rekreasi Sambil Beraksi)
Kegiatan ini merupakan kegiatan sosial yang mengakhiri tahun 2013 saya, dimana komunitas tangan ke dua yang merangkul komunitas Backpacker Semarang untuk mengajak adek - adek panti asuhan belajar dan berekreasi di gedung songo, saya disini menjadi volunteer bagi adek - adek panti dimana saya harus membuat mereka senang, bahagia, nyaman dan selalu tersenyum di perjalanan trip kali ini,
BERSYUKUR, yah bersyukur adalah ungkapan yang saya rasakan ketika melihat dan terseyum bersama mereka, hidup ini memang sulit di tebak, seperti pelangi "kalau kita pengen lihat pelangi, kita pasti lihat mendung dan grimis dulu" jika kita pengen hidup berkecukupan kita harus berjuang sedemikian kerasnya, malu sebenarnya ketika saya bersama adek - adek panti yang tetap semangat meskipun sudah g punya orang tua, mereka tetep semangat, jempol buat mereka,
Semangat ya buat kalian, ka CUZ kangen kalian,.. bahagia itu sederhana ketika saya melihat orang disekitar itu tersenyum itu sudah menjadi satu hal yang luar biasa buat saya,. 
Kita semua yang masih di beri kelengkapan keluarga seharusnya bersyukur, karena kemanapun kita pergi mengembara di masa muda keluarga adalah rumah untuk kembali, nah bayangakan anak sekecil mereka yang belum pernah melihat wajah orang tuanya, wajah yang polos itu..aduh saya g bisa membayangkan jika saya berada si posisi mereka, trimakasih buat Allah yang masih memberikan kesempatan bagi hamba melihat, mencium kedua orang tua saya, terimakasih kepada kedua orang tua saya yang sudah membesarkan dan membiayayi semua kebutuhan saya, terimakasih buat keluargaku semua,
Special  thanks for Tangan ke2 dan Backpacker semarang yang sudah memberikan kesempatan bagi saya untuk mengerti arti hidup yang sesungguhnya
Semoga coretan ini memberikan inspirasi bagi kalian yang baca agar kita tetap terus bersyukur dan memberikan apa yang bisa kita berikan bagi sekitar
#SALAM_LESTARI #SALAM_SUPER

Kamis, 14 November 2013

BROMO Gunung Eksotis di Jawa Timur

Bromo-Gunung paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur, Gunung Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten ProbolinggoPasuruanLumajang, dan Kabupaten Malang. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.

Bagi penduduk Bromo, suku Tengger, Gunung Brahma (Bromo) dipercaya sebagai gunung suci. Setahun sekali masyarakat Tengger mengadakan upacara Yadnya Kasada atau Kasodo. Upacara ini bertempat di sebuah pura yang berada di bawah kaki Gunung Bromo utara dan dilanjutkan ke puncak Gunung Bromo. Upacara diadakan pada tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 di bulan Kasodo (kesepuluh) menurut penanggalan Jawa.dilangsir wikipedia
Ramai, Keindahan gunung bromo terkenal di dunia, itu terbukti dengan banyaknya turis asing yang ingin menikmati wisata keindahan alam Indonesia. tak kalah dengan turis lokal yang juga memadati puncak gunung bromo, sehingga antrian menuju puncak bromo sangat padat dari sebelum anak tangga hingga puncak bromo.
Selain Sensasi berada di puncak gunung bromo anda bisa menikmati sunset atau sunris di pananjakan 1 atau 2, sebelumnya anda akan melewati pasir berbisik, dan bukit teletubis.


Berikut suasana Bromo chek this Out
kepadatan sunrist
sunrist lagi
Bromo dari pananjakan 1
Pencilaan
Sempurna alam indonesia itu sangat indah, keindahan - keindahan alam di indonesia perlu kita jaga, terutama dari sampah, limbah corat -coret orang yang tak bertanggung jawab, sebagai orang penikmat alam saya sangat prihatin dengan hal ini.
Gn. Batok dengan Bromo





Gn. Batok bersebelahan dengan Bromo

Sabtu, 09 November 2013

House Of Sampoerna Musium Rokok di Surabaya

 House Of Sampoerna- bangunan ini dulunya adalah pabrik rokok milik keluarga sampoerna, dan sekarang dialihfungsikan menjadi musium rokok, seperti namanya Sampoerna brand rokok jika anda memasuki musium ini anda langsung akan disambut dengan keharuman tembakau yang mengusik anda menjadi penasaran, Musium ini berada di Suarabaya.
Transportasi untuk menuju ke House Of sampoerna termasuk gampang dari pasar turi anda naik angkot menuju Jl. Demak dan bilang saja sama supir angkot "Pak mau ke Sampoerna' pasti langsung diantar kesana, Rp.4000 tarif dari pasar turi. Sedangkan masuk ke musium ini gratis, disana terdapat berbagai koleksi antik, dari bungkus korek jadul (Jaman Doeloe) sampai foto - foto sil silah keluarga Sampoerna, tatanan apik nan bersih akan membuat anda nyaman sekaligus penasaran koleksi apa sajakah yang ada di dalam Musium Hous of sampoerna, Selain koleksi - koleksi antik nan unik anda juga bisa langsung melihat pembuatan roko, proses melinting, dari atas lantai 2, dan di lantai dua ini anda juga bisa membeli sofenir beraneka ragam dari kaos, Buku - buku sejarah, pernak pernik dan sebagainya,   















@Ito Berpose di SHT
Jika anda beruntung anda bisa keliling kota surabaya dengan SHT Surabaya Heritage Track dengan gratis pula dan kami sarankan 1 bulan sebelum menuju kesana anda sudah mendaftar untuk boking tempat karena banyaknya peminat.












Tambahan :
# Angkot Rp. 4000 menuju HOS dari jl. Demak
# Masuk Ke House Of Sampoerna Gratis
# Naik SHT Gratis
# Telp. +6231 353 9000 fax : +6231 353 9009

Masjid Cheng Ho Surabaya

Siapa sangka bangunan berwarna merah, hijau ini adalah masjid, Masjid Cheng Ho.  Masjid unik ini di resmikan langsung oleh Mentri Agama RI Prof Dr H Said Agil Husein Al Munawar pada 28 Mei 2003.
Masjid bernuansa Tionghoa ini terletak di Jalan Gading, Kecamatan Genteng, Surabaya. Lokasinya sekitar 1 km sebelah utara Balaikota Surabaya dan sekitar 100 meter dari Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa.
Masjid Muhammad Cheng Ho ini selain berfungsi sebagai sarana ibadah umat Islam, lapangan di depan masjid juga difungsikan untuk sarana olahraga basket.terdapat taman unik di sebelah kanan masjid yang menceritakan perjalanan Muhammad Cheng Ho dan replika prahu yang terdapat di taman mengibaratkan bahwa Muhammad Cheng Ho telah menyiarkan agama islam melewati pulau - pulau di indonesia dengan prahu tersebut.



Kamis, 24 Oktober 2013

INDAHNYA MANGROVE DI DEMAK

Demak, Selain kental akan sejarah kerajaan islamnya, pariwisata di demak sedikit demi sedikit bermunculan. Hutan Mangrove di Desa Bedono Kecamatan Sayung sekarang telah sedikit tertata rapi dan bisa dikatakan layak di sebut sebagai salah satu destinasi Obyek wisata alam yang wajib anda ketahui di Demak, jangan cuman hanya tau datang dan saksikanlah keajaiban Tuhan, disana anda bisa melihat Indahnya Hutan Mangrove yang berjejer apik, selain hutan mangrove yang membuat anda terpesona disana akan menemukan burung kuntul, burung ini telah dilindungi, ingat jangan diburu ya, nanti kamu gantian diburu sama warga.


Selain alam yang akan membuat anda damai, anda kan terkagum dengan salah satu makan yang berada didekat Hutan mangrove ini, Aulia Kiyai Abdullah Mudzakir adalah seorang ulama yang dulunya giat syiar dikawasan Sayung Demak, beliau sering disebut ulama pencipta kader kiai karena syiar Islam yang disebarkanya mudah dicerna dan dipahami. Makam tersebut boleh disebut Istimewa karena hanya makam beliaulah yang mampu bertahan  di tengah - tengah hamparan laut luas, 
KH Abdullah Mudzakir.
Aulia KH Abdullah Mudzakir.
Aulia KH Abdullah Mudzakir.

Bisnis ''Sablon Kaos''

Menjadi seorang mahasiswa, tentunya tidak menutup peluang Anda untuk bisa merintis sebuah usaha. Misalnya saja dengan memulai usaha sablon kaos secara manual."Menjadi seorang mahasiswa, tentunya tidak menutup peluang bagi Anda untuk bisa merintis sebuah usaha. Berbagai macam peluang bisnis sampingan bisa Anda jalankan untuk mendatangkan untung besar setiap bulannya. Contohnya saja seperti usaha sablon kaos yang bisa Anda mulai dengan modal ringan dan mendatangkan keuntungan yang cukup besar. 
Konsumen
Dalam menjalankan bisnis usaha sablon kaos, bisa dikatakan target pasar yang bisa Anda bidik tidak terbatas. Mulai dari konsumen individu yang ingin membuat kaos satuan dengan desain yang tidak pasaran, menerima pesanan massal seperti untuk seragam perusahaan, seragam panitia acara tertentu, seragam organisasi tertentu (unit kegiatan mahasiswa, karang taruna, remaja masjid, dan lain sebagainya), serta bisa juga menjalin kerjasama dengan para pelaku bisnis distro untuk mensuplay produk kaos unik di lapak dagang yang mereka miliki.

Info Bisnis

Perkembangan bisnis fashion yang ditandai dengan maraknya pertumbuhan factory outlet maupun usaha distro di seluruh penjuru nusantara, ternyata menjadi salah satu pemicu meningkatnya permintaan jasa sablon di kalangan masyarakat. Ramainya permintaan pasar dan besarnya prospek bisnis yang dijanjikan, membuat sebagian besar orang mulai tertarik menekuni usaha sablon, baik itu sablon manual ataupun dengan menggunakan sistem sablon digital yang belakangan ini mulai diperkenalkan para pelaku usaha.
Untuk membantu para mahasiswa yang tertarik terjun di dunia usaha. Pada kesempatan kali ini akan kami informasikan peluang usaha sablon kaos manual yang bisa dimulai dengan modal ringan, namun keuntungan yang didapatkan tidak kalah besar dengan sistem sablon digital. Lalu, kira-kira persiapan apa saja yang dibutuhkan para pemula dalam menjalankan usaha sablon kaos modalnya ringan untungnya besar?
Berikut kami informasikan cara sablon manual (screen printing) yang bisa Anda coba dengan mudah.
1. Proses Afdruk
Proses ini dilakukan sebelum mencetak gambar atau desain diatas screen. Tujuannya, agar ketika kita menyapu tinta cetak yang dituangkan diatas screen, maka tinta yang akan turun hanya sebatas pola atau bentuk desain yang telah kita buat. Prosesnya tidak terlalu rumit, antara lain sebagai berikut :
  • Bersihkan screen dengan air dan sabun colek/krim, kemudian bersihkan dengan kain spon.  Selanjutnya keringkan dengan bantuan sinar matahari (posisi screen berdiri), hal ini perlu dilakukan agar kondisi screen benar-benar kering dan bersih.
  • Langkah berikutnya oleskan obat afdruk/ stencil/ photo emulsion screen secukupnya ke bagian depan dan belakang screen (bisa menggunakan Rakel/ penggaris/ coater/ kuas cat agar hasilnya tidak terlalu tebal. Keringkan dengan diangin-angin menggunakan kipas angin atau blower, dan usahakan berada di tempat yang tidak terkena cahaya matahari.
  • Siapkan film sablon yang telah dibuat dan rekatkan pada screen yang telah siap di posisi yang anda inginkan. Dalam proses tersebut ada dua langkah yang bisa Anda pilih, yaitu menggunakan penyinaran matahari atau bisa juga dengan cahaya buatan yang berasal dari lampu neon. Urutan untuk penyinaran dengan matahari bisa dilakukan seperti berikut : kaca, film, screen, bantal dengan kain hitam, papan. Sedangkan dengan Lampu neon 2×40 watt, urutannya sama tetapi  tidak menggunakan kaca (karena biasanya sudah menggukanan meja afdruk).
  • Setelah proses penyinaran, maka image/ bentuk yang anda inginkan akan terlihat di atas screen yang telah diberi obat afdruk tersebut. Terakhir, rontokkan obat afdruk yang masih menutupi image/ bentuk yang anda inginkan, dan segera siram dengan air bertekanan tinggi atau benamkan dalam air untuk merontokkan obat afdruk yang tersisa.
2. Proses Penyablonan
Pada tahapan penyablonan ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan :
  • Pertama-tama, plester pinggiran gambar yang akan disablon agar cat tidak mengalir kemana-mana.
  • Lalu, letakkan pasta warna/ rubber putih yang sudah dicampur dengan pigment/ warna yang Anda inginkan.
  • Sebelumnya, gunakan papan triplex pada bagian dalam kaos agar cat tidak tembus ke bagian belakang.
  • Gunakan rakel (alat sapu terbuat dari karet sintetis) untuk menyapu cat. Kemudian keringkan kaos yang telah disablon.
3. Proses Penghapusan Film
Setelah semua proses sabon selesai, selanjutnya bersihkan screen dengan dicuci menggunakan air yang dituangi obat pencuci screen. Gosok screen dengan kain spon, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan bantuan sinar matahari.
Kelebihan Bisnis
Tidak seperti bisnis sablon digital yang membutuhkan bantuan mesin dengan harga yang cukup mahal, usaha sablon manual bisa Anda jalankan dengan menggunakan peralatan sederhana dan bisa dimulai dengan modal usaha yang tidak terlalu besar. Selain itu, tingginya kecintaan masyarakat terhadap produk kaos, menjadikan bisnis sablon ini memiliki prospek pasar yang masih sangat bagus. Tidak heran bila sekarang ini banyak orang yang menganggap prospek usaha sablon ini sebagai salah satu bisnis jangka panjang yang tetap akan dibutuhkan untuk mendukung perkembangan bisnis fashion di Indonesia.
Kekurangan Bisnis
Ketatnya persaingan pasar sering kali menghadirkan sebuah kendala bagi para pelaku usaha jasa sablon. Bahkan bisa dikatakan sekarang ini persaingan yang dihadapi tidak hanya dari sesama pelaku bisnis sablon manual, namun juga dari gempuran persaingan bisnis para pelaku usaha sablon digital yang belakangan ini mulai menawarkan inovasi-inovasi baru kepada para calon konsumen. Untuk itu, sebagai pelaku bisnis sablon manual tentunya Anda harus pintar-pintar memilih strategi pemasaran dan berusaha memberikan nilai lebih kepada para pelanggan Anda.

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran tentunya memegang peranan yang cukup penting dalam mengembangkan usaha sablon kaos. Karenanya, perluas relasi bisnis yang Anda miliki dan promosikan keunggulan produk yang Anda produksi. Misalnya saja menjalin kerjasama dengan pemilik butik ataupun distro-distro untuk menitipkan dagangan kaos yang Anda produksi, menawarkan jasa Anda kepada beberapa perusahaan, event organizer, ataupun organisasi kemahasiswaan maupun umum, yang tertarik untuk membuat sebuah kaos seragam. Selain membidik konsumen massal, Anda juga bisa menjaring konsumen individu dengan menawarkan jasa sablon kaos satuan maupun kaos couple (pasangan) yang belakangan ini mulai digemari kalangan anak muda di Indonesia.
Selanjutnya, untuk memperkenalkan bisnis sablon Anda kepada khalayak ramai. Anda bisa menggunakan strategi promosi online maupun offline untuk menginformasikan bisnis tersebut kepada masyarakat luas. Contohnya saja dengan membuat website di dunia maya, mempromosikan produk kaos Anda di situs jejaring sosial, membuka koneksi di forum-forum online yang cukup terkenal, serta membuka lapak dagang di forum jual beli (FJB) untuk mempromosikan bisnis Anda di pasar global. Sedangkan untuk promosi offline, Anda bisa memulainya dengan membagikan brosur kepada masyarakat sekitar, serta bisa juga membuat neon box atau spanduk besar yang bertuliskan nama usaha Anda dan pelayanan jasa sablon yang Anda tawarkan, kemudian dipasang di depan lokasi bisnis yang Anda miliki.
Kunci sukses
Yang terpenting dalam menjalankan bisnis sablon kaos secara manual adalah menjaga kulitas hasil kerja dan kualitas bahan kaos yang digunakan. Hal ini penting, mengingat baik buruknya pencitraan bisnis yang Anda miliki akan terbangun dari kualitas produk yang ditawarkan kepada para konsumen. Selanjutnya,  peningkatan kualitas tersebut tentunya juga harus disertai dengan peningkatan masalah kecepatan dan ketepatan dalam memberikan pelayanan. Usahakan kualitas hasil kerja yang diberikan sangat bagus dan proses pengerjaannya tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama.
Analisa Ekonomi
Proses sablon dilakukan secara manual (screen printing).
Dikerjakan di rumah kontrakan dengan biaya sewa Rp 5.000.000,00

Modal awal
Sewa tempat per tahun                             Rp 5.000.000,00
Peralatan sablon (screen, rakel, kaca, kuas, dll) Rp 2.000.000,00
Bahan baku sablon (obat afdruk, cat, dll)         Rp   750.000,00
Bahan baku kaos (@ Rp 22.000,00 x 40 pcs)         Rp   880.000,00+
Total                                             Rp 8.630.000,00

Peralatan mengalami penyusutan setelah digunakan selama 2 tahun :
= 1/24 bln x Rp 2.000.000,00             Rp 83.300,00

Biaya operasional
Stok bahan baku sablon selama 1 bulan              Rp   750.000,00
Bahan baku kaos (@ Rp 22.000,00 x 80 pcs)          Rp 1.760.000,00
Gaji tenaga kerja 1 orang                          Rp   750.000,00
Biaya sewa tempat/ bulan Rp 5.000.000.00 : 12 bln  Rp   416.700,00
Biaya listrik dan telepon                          Rp   450.000,00
Biaya transport dan promosi                        Rp   600.000,00
Biaya penyusutan                                   Rp    83.300,00+
Total                                              Rp 4.810.000,00

Omset per bulan
Penjualan kaos per bulan :
@ Rp 75.000,00 x 80 pcs                 =          Rp 6.000.000,00

Laba bersih per bulan
Rp 6.000.000,00 - Rp 4.810.000,00       =          Rp 1.190.000,00

ROI (Return of Investment)             
(Modal awal : laba bersih per bulan)    =          ± 7 bulan
Semoga informasi peluang bisnis mahasiswa yang kami angkat pada pekan ini bisa memberikan sedikit manfaat bagi para pembaca dan menjadi salah satu inspirasi bisnis bagi Anda guna mendatangkan untung besar setiap bulannya.

Selasa, 21 Mei 2013

PEMERINTAH TUTUP MATA AKAN PENDERITA KUSTA

KUSTA atau lepra (leprosy) atau disebut juga Morbus Hansen, adalah sebuah penyakit infeksi menular kronis yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae. Bakteri ini mengalami proses pembelahan cukup lama antara 2 – 3 minggu. Daya tahan hidup kuman kusta mencapai 9 hari di luar tubuh manusia.


Selama ini yang diyakini sebagai sumber utama penularan penyakit Kusta adalah manusia. Bakteri kusta banyak bersarang pada kulit dan mukosa hidung manusia. Kuman kusta memiliki masa inkubasi 2 – 5 tahun bahkan juga dapat memakan waktu lebih dari 5 tahun. Belum diketahui secara pasti bagaimana cara penularan kuman kusta. Namun secara teoritis dikrtahui bahwa seseorang terinfeksi kuman kusta karena pernah melakukan kontak langsung dalam jangka yang sangat lama dengan orang terkena kusta yang belum minum obat. Adapun caar masuk kuman kusta kepada orang lain diperkirakan melalui saluran pernafasan bagian atas.
Indonesia dikenal sebagai satu dari tiga negara yang paling banyak memiliki penderita kusta. Dua negara lainnya adalah India dan Brazil. Bukti nyata bahwa sering kita lihat di jalan raya, di traffic ligth sering kita jumpai orang - orang penderita kusta yang meminta - minta, di sanapun banyak anak jalanan yang se profersi dengan orang yang sudah terkena kusta, penyakit ini termasuk penyakit menular yang berbahaya bagi penderita, Jika pemerintah membiarkan ini membudaya kemungkinan besar penderita kusta akan meningkat, anak - anak jalanan pun bisa tertular penyakit ini.
Dimanakah peran pemerintah menangani kasus kusta jalanan yang sering kita jumpai tersebut,..? pemerintah seharusnya sadar bahwa orang jalanan yang terkena kusta seharusnya di lindungi Sesuai pasal 34 yang berbunyi " Fakir miskin dan anak - anak terlantar dipelihara oleh negara" apa lagi ini orang terlantar yang terkena kusta. 

Mungkin Negara kita lupa akan undang - undang yang di buatnya, atau mungkin perlu di refisi karena tidak di sebutkan Negara mana yang harus melindungi, jadi pemerintah seakan - akan tidak tau atau bahkan mungkin tidak mau tau, seharusnya Pasal 34 berbunyi " Fakir miskin dan anak - anak terlantar di Indonesia pelihara oleh negara Indonesia.


Minggu, 07 April 2013

Wakil rakyat seharusnya MERAKYAT

Anggota DPR, siapa yang tidak ingin menduduki kursi wakil Rakyat ini. Karena akhir akhir ini saya melayani medical cek up calon legislatif terbenak di pikiran saya apa sih untungnya ikut anggota Legislatif partai.
Menelusur ke blakang banyak anggota DPR yang pada akhirnya terpenjara di KPK, DPR sekarang - sekarang ini memang mendapatkan image kurang baik di mata masyarakat indonesia karena kinerja yang blm terlihat nyata yang bisa di nikmati oleh Rakyatnya.
Inflasi yang semakin tinggi, contohnya harga bawang yang sampe sekarang masih tinggi padahal negara indonesia adalah negara multikultural dimana negara produsen atau penghasil bawang tetapi pada kenyataannya kita masih membutuhkan impor bawang dari negara lain, kenapa ini bisa terjadi padahal di media petinggi negara sering mengatakan kalo PDB kita meningkat.
Kembali ke DPR kita tau bahwa Wakil Rakyat tidak akan menjadi DPR tanpa di pilih oleh Rakyat, rakyat mengamanatkan mereka menjadi wakil aspirasinya agar kesejahteraan dapat di nikmati oleh rakyat indonesia. Kadang saya juga berfikir kenapa DPR melakukan hal yang tidak di mencerminkan seorang pemimpin seperti korupsi, mungkin karena modal yang di keluarkan untuk menjadi anggota legeslatif besar jadi apapun caranya agar aset bisa kembali dengan melakukan korupsi.
Menurut pandangan saya Anggota DPR seharusnya tidak mengeluarkan modal untuk mendapatkan jabatan legislatifnya, partai seharusnya yang mengelola Wakil yang di usungnya agar para wakil rakyat sadar bahwa mereka memang di pilih oleh rakyat bukan karena modal yang di keluarkannya.
DPR Seharusnya lebih siap untuk mensejahterakan rakyat bukan cuman mensejahterakan dirinya sendiri.

Sabtu, 06 April 2013

Ekpedisi Merapi

Ekpedisi kali ini di gunung yang masih aktif di jawa, Gunung merapi. 30 maret 2013 saya beserta tim ekpedisi rasudapala kang nono, nugroho dan opung priyo berangkat pukul 15.10 dari kantor di mana tempat kami kerja. Dengan kendala hujan kami mengarungi jalan menuju bescame merapi di Selo, sampe tujuan sekitar pukul 19.10 dan masih di guyur hujan. Kita sempet kaget juga sesampainya di bascame ratusan orang sudah siap untuk mendaki gunung merapi, sampai kami tidak bisa packing karena full room pendaki. Akhirnya kita putuskan untuk ke bascame satunya di New Selo. di new selo kita putuskan untuk packing dan sholat magrib dan isya` karena di perjalanan kami belum sempat menunaikan ibadah kami.
Pukul 20.15 kami star mendaki. Hujan ternyata mereda seakan akan welcome kepada kami untuk terus menerjang dinginya malam.
Malam yang dingin beserta terjalnya medan kami selusuri dengan penuh hikmat kejadian lucu setiap kami ndaki adalah tradisi pup opung priyo. Tidak hanya sekali dua kali he..he. Mungkin karena kelelahan dan beban yang berat menjadikan perut berontak tak kompromi. Pos 1 di mana taman konserfasi telah kami lalui. jarak antra new selo ke pos satu lumayan jauh dan medan tidak terlalu berat. Keluar dari pos 1 menuju pos dua medan terus menerus terjal dan membuat nafas kami kualahan. Dua tiga meter kami berhenti untuk istirahat dan seterusnya sampe di pos dua sekitar pukul 02.10 kami membangun tenda sebelum pasar bubrah karena kami sudah kelelahan. Pasar bubrah adalah tempat hamparan luas yang terjadi karena luapan larva merapi disini banyak pendaki mendirikan tenda.
Pukul 05.00 kami beranjak sholat shubuh dan semangat untuk melanjutkan pendakian.
Sampai di tugu kenangan di mana dulunya ada pendaki meninggal matahari menampakkan mukanya lirih malu - malu seakan akan menggoda kami untuk menikmatinya sejenak, kamipun suka cita melihat keindahan yang sedang di tunjukan oleh Tuhan tidak ketinggalan kenarsisan kamipun menggelora. Foto - foto dab triak haaaaaah...!!! Akhirnya bisa lihat matahari terbit juga.
Perjuangan kami belum usai sampai disini masih banyak yang menajbkan di atas sana. Gundukan pasir raksasa yang menjulang tinggi.
Kami melnjutkan pendakian di mana medan kali ini sangat luar biasa dahsyat susahnya, karena medan pasir bercampur koral yang membuat kaki saya tidak bisa menapak. Kami hampir memutuskan menyudahi ekpedisi kami karena beratnya medan, tapi karena sudah sampai titik ini, kamipun nekat melanjutkan pendakian. Sepatu saya lepas karena saking tidak bisanya menapak menggunakan sepatu dan kami melanjutkan perjuangan dengan merayap.
08.00 kami sampai di puncak merapi dimana lelah bercampur bangga bercampur takjub melihat keindahan di puncak gunung merapi, kami menikmati alam indah di puncak merapi dengan mengabadikan setiap monen. Karena kabut naik sehingga pandangan kitapun kabur. Kami turun dan menuju tenda yang kami bangun tadi malam. Sampai di tenda kami masak dan makan bersama di kelilingi pohon dan pemandangan yang sangat berharga. Di restoran mewah manapun tidak bisa menandingi enaknya momen makan kali ini. Pukul 10.00 kami putuskan untuk membongkar tenda dan turun dari indahnya alam ciptaan Tuhan.

Sabtu, 05 Januari 2013

PERJUANGAN MENUJU KEDAMAIAN

Manusia suatu saat akan mengalami titik kejenuhan, yah seperti hari ini, 05 januari 2013 hari dimana kebanyakan orang memulai aktifitas di tahun baru dengan semangat baru, tapi beda dengan saya, Otak saya terus berfikir, berfikir dan berfikir, kapan saya bisa enjoy tanpa beban yang begitu menjadi momok dalam kehidupan saya, terpontang panting akan Tugas kuliah dan Laporan dateline, yah kadang saya acuh akan itu semua, tapi akibatnya seperti ini, yang bener - bener dalam titik akhir dimana kejenuhan melanda fikiran dan hati saya dimana laporan dan tugas harus selesai sekarang, tetapi sedikitpun belum ada yang beres.

Waktu terus berputar tanpa disangka pula sudah tahun 2013 dimana saya sudah semester enam, dan saya hampir lima tahun bekerja di instansi pemerintah sebagai karyawan kontrak, yah begitulah keadaanya, di sisi saya harus terus berjuang membiayayi kuliah saya dengan bekerja keras tanpa memandang waktu, malam jadi siang, pagi jadi malam, kaki dikepala kepala di kaki he..he piterpan kale, sangat melelahkan, yah hanya dengan menulis seperti inilah sedikit menghibur dan terlepas dari angka dan teori yang membuat otak saya kontaksi.

Semangat" kata yang sering di ucapkan oleh orang - orang terdekat saya, yah harus semangat dalam hati bergumam seperti itu, tetapi untuk memulai itu semua tidaklah mudah, mata yang kelelahan di depan monitor setiap hari, jari jemari yang terus menggelitik angka dan huruf di keyboart kadang tak mampu saya jalankan tanpa dengan paksaan. 

keep smile, keep spirit, and always pray to Allah, motto yang saya junjung tinggi, motto yang menjadi motivasi hidup saya, motto selalu saya pegang dengan erat meski kadang tidak mampu saya terapkan, yah saya tau Allah tidak akan mencoba melampaui kemampuan hambanya, yah memang itu menjadi pegangan hidup saya, Allah memberikan pekerjaan yang luar biasa ini, tugas yang luar biasa banyaknya dan membutuhkan tenaga, fikiran dan semangat motivasi yang luar biasa juga, harus saya nikmati perlahan, saya akan menikmati setiap proses pressing ini karena saya adalah orang yang dipercaya mendapatkan kenikmatan luar bisa ini.

Tetap berjuang, tetap semangat, dan tetap melakukan yang terbaik karena esok belum tentu saya bisa menghirup udara di bumi pertiwi ini.