Selasa, 19 September 2017

TRAVELLER HARUS TAU EMPAT PILAR BERBANGSA DAN BERNEGARA

Anak muda dan suka travelling, kalian pasti pernah ke suatu pedalaman dimana jalan belum di aspal, listrik belum ada dan suara klakson mobil yang sering kita dengar di jalan kota pun tidak ada, sebagai anak muda dan suka travelling, saya coba ingin membahas bagaimana empat pilar ini bisa kita terapkan ketika travelling di suatu tempat yang kita kunjungi.

Indonesia yang mempunyai 17.504 pulau,  dengan populasi lebih dari 263.846.946 juta jiwa dari Sabang sampai Merauke, terdiri dari berbagai suku bangsa, bahasa, dan agama, itu yang membuat Indoneisa kaya, keanekaragaman menjadikan bangsa Indonesia berwarna.

Empat Pilar Kebangsaan terdiri dari PANCASILA, UNDANG – UNDANG DASAR 1945, BHINEKA TUNGGAL IKA, dan NKRI ( Negara Kesatuan Republik Indonesia), bagi seorang traveller kalian harus tau ke empat Pilar kebangsaan Negara Kita, karena sebagai bekal kita menjelajahi dunia, menikmati keindahan yang tuhan ciptakan kepada kita, kepada bangsa Indonesia, Alam yang begitu indah, Budaya yang mengagumkan, keramahan yang membuat tentram menjadi kekuatan tersendiri bagi bangsa Kita, Bangsa Indonesia.

1. PANCASILA

PANCASILA adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta:pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Lima sendi utama penyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan tercantum pada paragraf ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang-undang Dasar 1945.

Meskipun terjadi perubahan kandungan dan urutan lima sila Pancasila yang berlangsung dalam beberapa tahap selama masa perumusan Pancasila pada tahun 1945, tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila

Bagi Traveller Pancasila sangat penting kita ketahui dan tanamkan dalam hati kita,  ketika kita mengunjungi berbagai tempat, dimana kita akan menemui berbagai agama, seperti Bromo ada Suku Tengger yang mayoritas agama Hindu, di Bali agama Mayoritas Hindu, di Aceh Agama mayoritas Islam, karena berbagai macam agama menjadikan Budaya yang berbeda, unik, mengagumkan, kita harus saling menghormati, saling toleransi, karena Indonesia adalah Indoneisa bukan saya tapi kami, KAMI INDONESIA.

2. UNDANG – UNDANG DASAR 1945

UNDANG UNDANG DASAR 1945 Sebagai dasar hukum tertulis konstitusi pemerintah Negara republik Indonesia saat ini, dimana kita sebagai Traveller harus mentaati dan menghargai hukum di berbagai tempat yang kita kunjungi di Indoneisa, sering kita temui bahwa masyarakat kurang peduli dengan hukum di Indonesia contoh sederhana seperti masih banyak sekali tempat wisata yang kotor karena sampah, Masyarakat Indoenesia yang kurang sadar tentang membuang sampah di tempat sampah yang sudah di sediakan atau jika tidak ada tempat sampah bisa di simpan dulu sampai menemukan tempat sampah, padahal sudah jelas Undang-Undang Nomor 18 tahun 2008 tentang Lingkungan Hidup tentang Pengolahan Sampah Pasal 29 ayat 1-e dilarang membuang sampah pada tempat yang tidak di tentukan atau di sediakan. Kita sebagai traveller harus peduli, mulai dari sekarang mari biasakan menghargai bangsa, menghargai Undang Undang Dasar 1945.

3. BHINEKA TUNGGAL IKA

BHINEKA TUNGGAL IKA adalah moto atau semboyan Bangsa Indonesia. Frasa ini berasal dari bahasa jawa kuno dan seringkali di terjemahkan dengan kalimat “ Berbeda – beda tetapi tetap satu, semboyan ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan.

Bagi Traveller beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan sangat harus kita hargai, karena keistimewaan Indonesia terletak dari sini, suku baduy dalam yang terkenal dengan adatnya, suku tengger yang masih melakukan acara slametan – slametan di bulan tertentu di gunung bromo, serta Demak yang terkenal dengan Masjid tertua di jawa, tari kecak yang menawan di bali, Bahasa Ngapak sebagai Identitas daerah Tegal, Bahasa jawa, Bahasa Sunda, dan berbagai Agama di Indoensia, Indonesai dengan semboyan BHINEKA TUNGGAL IKA menjadikan kekuatan bagi bangsa Indonesia, sebagai traveller kita harus terapkan sebagai bekal perjalanan kita bahwa kita adalah BHINIKE TUNGAL IKA

4. NKRI ( Negara Kesatuan Republik Indonesia )

NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), adalah bentuk dari negara Indonesia, dimana negara Indonesia yang merupakan negara kepulauan, selain itu juga bentuk negaranya adalah republik, kenapa NKRI, karena walaupun negara Indonesia terdiri dari banyak pulau, tetapi tetap merupakan suatu kesatuan dalam sebuah negara dan bangsa yang bernama Indonesia.

Tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terdapat dalam Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 alinea keempat yaitu “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial”.

Seorang Traveller pasti tau bahwa Negara kita ini adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia bukan Negara yang kecil, Negara kita Negara besar, karena kita bersatu dari pulau ke pulau. Di berbagai pualu kita menemui adat yang berbeda, kita menemui bahasa yang berbeda, kita menemui makanan yang berbeda dengan ciri khasnya masing-masing. Indoesia sangat Luas Indonesia sangat Kaya, jika kita terus bersatu dan kompak membangun bangsa indonesia dengan Empat pilar kebangsaan Kita ini, kedepan Negara kita akan menjadi Negara yang Kuat dengan masyarakat yang sejahtera.

Lalu apakah kita sudah menerapkan empat pilar berbangsa dan bernegara ini di kehidupan kita, saya rasa belum sepenuhnya kita terapkan, semangat persatuan dan kesatuan bangsa saat ini sudah mulai retak, pada akhirnya akan mengancam Negara kita Negara Kesatuan Republik Indoneisa. Banyak berita Hoax yang kita temui di sosial media, jangan sampai kita terpengaruh dengan berita semacam itu, kita seperti di adu domba, bangsa kita dengan ciri khas yang beraneka ragam budayanya, harus kita jaga, kita harus saling menghormati antar umat beragama, saling membantu, dan menjaga, Bangsa Indonesia ini akan terjaga kedaulatannya ketika kita menerapkan Empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara dalam hidup kita, apalagi kita seorang traveller yang menumui hal baru di setiap perjalanan kita.
JAYALAH INDONESIA, KITA INDONESIA

Jumat, 08 September 2017

PESONA HATYAI KOTA DAMAI DI PERBATASAN THAILAND

Hat Yai merupakan sebuah kota bagian yang terletak di Thailand bagian selatan. Kota ini juga merupakan kota terbesar di Provinsi Songkhla dan berfungsi sebagai pusat bisnisnya, sedangkan untuk pusat administrasi maupun budayanya berada di kota Songkhla yang menjadi ibukota Provinsi Songkhla. Letak kota ini cukup strategis karena berdekatan dengan Malaysia sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke kota ini.Selain Hat Yai kota ini dikenal juga dengan nama Haad Yai atau Had Yai.
Nama Hat Yai merupakan versi pendek dari “Mahat Yai”. Sebelumnya kota ini dikenal dengan nama Khok Sa Met Choon dan merupakan sebuah desa kecil. Wilayah ini semakin berkembang sejak dibangun jaringan kereta api di wilayah ini. Pada tanggal 16 Maret 1949, wilayah ini diberikan status kota yang disebut dengan “Thesaban Mueang”. Hingga akhirnya pada tahun 1995, wilayah ini telah meningkat statusnya menjadi “Thesaban Nakhon”.

Objek Wisata yang dapat dikunjungi di HATYAI, THAILAND:
1. Wat Hat Yai Nai Temple
Patung Buddha yang sedang berbaring dalam ukuran yang besar. Hampir sama dengan patung Buddha yang ada di Wat Poh , Bangkok. Tidak banyak yang bisa dilihat dari tempat ini, jika kamu beragama Buddha, kamu bisa masuk kedalam untuk berdoa. Lebih banyak orang jadikan objek patung Buddha sebagai latar foto mereka seperti saya ini he..he.

2. Samila Beach, Songhka
Disini sama, masuk ke area pantai tidak perlu bayar. Tempat ini tergolong bersih, suasana cukup ramai. Sejurus kemudian, mata mencari apa yang banyak dibicarakan orang, Lady Mermaid. Patung putri duyung ini menjadi icon Samila Beach beberapa tahun ini. Butuh kesabaran yang ekstra untuk bisa foto bareng sang Putri Duyung. Antrian yang tidak henti- hentinya, apalagi jika kamu ingin dapat foto terbaik, angle terbaik, tanpa ada orang lain dalam foto kamu.

3. Tang Kuan Hill Top
Tang Kuan Hill yang terletak di songkla hanya beberapa meter dari Samila Beach Songkhla City - Ibukota Hatyai dimana terdapat sebuah Royal Pagoda, nah Untuk menuju keatas bukit wisatawan dapat menggunakan fasilitas 'cable Lift' sehingga tidak perlu mengeluarkan tenaga extra. Harga tiketnya juga termasuk terjangkau Adult 30 bath sedangkan Child 20 bath. 



4. Hat Yai Municipal Park
Objek wisata ini terletak diatas gunung. Di puncak gunung ini, tempat ibadah " Si Bin Hut - atau Buddha 4 Rupa " dimana Buddha ini menghadap ke 4 penjuru mata angin. kalian bisa sampai di tempat ini dengan menggunakan transportasi yang disediakan dari bawah, beli tiketnya sekitar 20 Bath, karena bodohnya saya kesini pertama kali, saya di tipu sama sopir TukTuk, ketika kami dari wat hat yai menuju tempat ini, saya di turunkan di area bawah tapi langsung di suruh jalan, ikutlah kita jalan dari bawah mungkin baru 3 km jalan kaki saya gemeteran karena nanjak jalannya, nah disini kita ngeteng pickup yang mengarah ketempat yang sama, dan naiklah ke pickup itu, ternyata perjalanan masih jauh dan berkelok kelok 30 menit dari tempat kita setopin pickup tadi sampailah ke Hatyai Muncipal Park dan ketemu dengan adek - adek pramuka yang menggemaskan.   


5.Reclining Buddha 
Patung Buddha ini memiliki panjang 46 meter dengan tinggi sampai 15 m, merupakan patung Buddha terbesar di Thailand. Di bagian kakinya terdapat 108 nama karakter Buddha. Tidak jauh dari situ terdapat wadah sebanyak 108 buah, konon kalau memasukkan koin di setiap wadahnya, maka hidupnya akan penuh keberuntungan, juga membantu para biksu di sana untuk merawat wat-nya.

6. Golden Buddha Statue
Patung Buddha yang berbaring ini begitu menakjubkan, patung ini dilapisi dengan gold leaf, begitu pun dengan bagian mata dan kakinya yang terbuat dari mother-of-pearl. Sangat indah.

7.Nora Plaza
Nora Plaza menjual berbagai jenis barang seperti tas kulit, spatu, dompet dan macam-macam barang yang berbentuk kulit. Selain itu, disini jugamenjual mas,aksesoris dan pakaian.

8.Kwan Im Temple
Salah sartu objek wisata yang terletak di Hatyai, vihara yang berada di daerah hatyai ini merupakan sejarah dari cerita Dewi Kwan Im.

9.Thai Girl Show
pertunjukan teater, tari-tarian, dan kabaret, kita juga dapat menyaksikan atraksi unik khusus orang dewasa yang populer dengan sebutan Thai Girl Show. Pertunjukan yang menampilkan wanita sungguhan ini menyajikan atraksi-atraksi yang sangat berani dan menakjubkan yang tidak bisa diceritakan secara detail di sini, dan saya gak berani masuk di tempat tempat seperti ini, tempatnya kayak diskotik gitu, ada yang nari nari di tiang gitu lah, kalian bayangin sendiri ha,..ha

10.Cabaret Show
Hal yang unik dalam pertunjukan ini adalah para penari dan penyanyi lip-sync adalah waria yang menyerupai artis wanita terkenal di dunia. Para waria dengan dandanan bak miss universe itu terlihat sangat cantik menyerupai wanita sungguhan. Bahkan salah seorang wanita sempat menyatakan perasaan rendah dirinya melihat para waria yang ternyata lebih cantik dan mulus dibanding dirinya yang wanita asli.
caberet Show


11. Hatyai walking Street
ketika kalian jalan - jalan di suatu tempat kalian pasti pengen bawa oleh - oleh atau kenang kenangan meskipun hanya satu barang, nah disini tempatnya buat kalian yang pengen habisin uang bath kalian, dari makanan khas tailand, berbagai macam seafood, salad dan masih banyak lagi, tapi satu yang paling saya suka ketika kesini, barangnya murah banget, di bandingkan dengan catucak di Bangkok Thailand murahan sini berkali kali lipat, disini juga bisa pake bahasa Indonesia kalo kalian pengen nawar brang dan bertransaksi, uang kalian habis ? disini juga bisa pake uang Rupiah nah kan menyenangkan kalo kalian blanja disini, barang kualitas sama lah kayak di Bangkok.
Ini di ambil ketika Pagi, Malemnya Lupa ambil dokumentasinya karena udah asyik jalan
GALERI FOTO HATYAI
bareng Sohib di Municipal 







Jumat, 01 September 2017

HANYA PUNYA WAKTU SEHARI BUAT KELILING SINGAPORE BISA G YA ?


Hai backpackers udah lama kali ya saya g ngeblog, dimaklumi ya kaka ganteng ini selalu sibuk dengan dunianya sampe lupa nyari pacar, Loh curhat jadinya . Nah kalian yang Ingin ke Singapore tapi susah buat cuti, kalian gak usah khawatir bisa kok meski waktu mepet, dompet isinya tipis, kalo niat pengen berangkat, ya berangkat aja gak usah pake mikir banyak, NEKAT aja NEKAT..ha...ha ajaran sesat nih, tapi bener juga loh nekat asal smart nah gimana caranya yuk simak


1. Pesen Tiket Jauh Hari.
Sering gak sih kalian liat iklan tiket promo di TV atau di web yang kalian buka tiba-tiba ada iklan promo tiket pesawat, nah coba deh kalian perhatiin, dikit aja perhatianya jangan banyak banyak nanti baper, he..he Perhatiin dan bandigin tiket ke Singapore sama ke Makasar misal kalo kalian dari jawa, noh murah mana hayo.? kalo kalian udah hemmm sambil angguk angguk geleng geleng pasti gak bakalan nyangka, tiket ke Singapore lebih murah di banding tiket antar pulau Indonesia. kalo kalian pesen jauh-jauh hari pasti dapat tiket murah, apa lagi kalo pas promo bisa jadi cuman bayar airpottex aja alias NOL rupiah.


2. Siapin Pasport.
Kalo pasport kalian harus wajib punya, gampang kok bikinnya, kunjungi situs imigrasi imigrasi.go.id isi formulirnya, Lakukan Pembayaran, setelah itu buka email kalian, klik dan konfirmasi tangal foto dan wawancara di kanwil setempat, terus beberapa hari berikutnya jadi deh Pasportnya. atau kalian klik ini deh biar lebih jelas https://www.cermati.com/artikel/cara-buat-paspor-online-yang-mudah-dan-cepat

3. Itinerary
Siapin itinerary se detile mungkin nih contohnya :

HARI, TANGGAL
JAM
ITINERARY
BIAYA
KETERANGAN
SABTU, 15 JULI
13.50-16.00
PERJALANAN KE SINGAPORE
200 Ribu
BY AIRASIA. KARTU PUTIH DISIMPEN (Arival Card). Cari petunjuk ke terminal 2. Lanjut ke imigrasi.
16.30-17.00
MENUJU HOTEL Footprints Backpacker Hostel
100 Ribu
Berhenti di MRT Rochor
18.00-22.00
KE MERLION,
GARDENS BY THE BAY
MRT
Dari merlion sudah terlihat pemandangan esplanade, Singapore flyer.
Cara ke Merlion: Turun di MRT Rafless Place
Cara ke Gardens by The bay: Turun di MRT Bayfront
22.00
Makan Malam di Kawasan Bugis Street
Atau bisa survey dekat hotel sepertinya banyak makanan
23.00-07.00
Istirahat di hotel
MINGGU, 16 JULI
08.00-16.00
Explore Day 2:
Sentosa Island (Universal Studio)
Masjid Sultan
Beli oleh oleh di Bugis street
-          Sekalian cekout hotel
-          Cara ke sentosa island : Naik MRT turun harbourfront.
-          Mampir Daiso
-          Beli Tiket terusan di lantai 3 naik kereta mengelilingi santosa Island.
-          Ke Universal Studio
-          Lanjut ke bugis berhenti di MRT Bugis
20.00
Perjalanan ke Semarang
By airasia

--> Nah setelah kalian faham bikin itinerary, kalian harus bisa memanage waktu ketika kalian bepergian jangan sampe karena asyik selfie foto foto jadi lupa kalo MRT di singapore hanya sampe jam 12 malam. bingungkan mau naik apa ?














4. Nah Bawa Tumbler dari indonesia ya, kalian bisa isi air di bandara, atau di tempat - tempat wisata banyak kok water station, jadi bisa lebih hemat.

5. Bawa Roti yang banyak dari rumah, nah ini pengalaman nih ketika saya di singapore beli roti 2 lusin, nah bisa seharian gak makan gara - gara bawa bekel roti banyak dari rumah ha..ha sisa banyak uang abang.















6. Beli Oleh - oleh semuanya serba 2 $ SG
Nah kalian yang baru pertama ke singapore harus pergi ke Daiso karena disini semua barang harganya cuman 2 $ dari makeup, pernik pernik kecil, tas, jam tangan, kaos kaki lucu, boneka, hiasan dinding semuanya ada macem - macem tinggal pilih.















Nah Trip yang singkat tapi menyenangkan, dari Sabtu malam sampai Minggu  Sore bisa kan kalian keliling Singapore tanpa mengganggu pekerjaan kalian. Minggu malam sudah sampe rumah dan kembali beraktifitas lagi di hari senin paginya. 

Minggu, 30 Juli 2017

Bersukaria bareng Phinemo di kawasan Kota lama dan pecinan


Semarang, 29 Juli 2018, Kali ini saya akan bersukaria bareng phinemo, menelsik sejarah yang pastinya akan nambah wawasan Saya dalam bidang sejarah di Kota lama ini, nama Saya Kuspriyatna, nah ikutin ya lokasi mana saja yang Kita kunjungi.
1. Taman Srigunting
Pastinya sudah gak asing lagi bagi warga Semarang dengan Taman ini, taman yang terletak di tengah-tengah antara Greja Blenduk Dan gedung spigel ini ternyata KUBURAN. Nah Srigunting sendiri adalah nama burung karena jalan di kawasan Kota lama semuanya adalah nama nama burung.
2. Greja Darurat di kawasan Kota lama

Siapa sangka Semarang contemporary art gallery adalah gereja Darurat yang di pakai Oleh Blanda.
2. Showroom Mobil Pertama di Semarang

Gedung yang terletak persis di depan  gd. Spigel ini dulunya adalah showroom pertama di semarang.
3. Spigel

4. Hotel Terbesar disemarang

Hotel Jansen hotel paling megah di Semarang sekarang sudah beralih fungsi sebagai tempat beli alat alat antiq, hotel ini sudah tidak berbentuk bangunannya karena sudah di rubuhkan, kini hanya menyisahkan nama hotel di pnggir saluran irigasi sebagai prasasti.
5. Pabrik Rokok perahu layar

Bangunan ini adalah pabrik rokok tertua di Semarang pabrik rokok brahu lajar ini dulu ketika pertempuran Lima Hari di Semarang, bangunan ini menjadi gudang senjata.

7.Gd. BORSUMY


Borsumy Borneo Sumatra maskapay dulu disini adalah pabrik pengolahan hasil bumi Borneo dan Sumatra
8.Gd. Transportation perkapalan

Gedung perkantoran Blanda dgn Ciri kas jendela Yg banyak untuk menyamai suhu di Blanda sengaja di buat jendela Yg besar dan panjang,  gedung ini adalah gedung transportasi perkapalan

Masih terdapat lambang jngkar di atas jendela.
9. Gd. Asuransi di semarang
Gedung ini dulunya adalah perusahaan asuransi jaman penjajahan Ingris. Masih terdapat bukti bahwa gd. Ini Bekas kantor perusahaan asuransi Liverpool & London & Globe Insurance.


10. Bank Java
Javas bank cikal Bakal Bank Indonesia, di  Semarang sendiri Javas Bank dulu berada di area Kota lama, berpindah ke kantor Pos pusat dekat jembatan berok kemudian pindah lagi di dekat Universitas Diponegoro

11. Menara Syahbandar
Menara ini dahulunya adalah menara pengawas dan kantor Syahbandar yang dibangun tahun 1825. Dahulu, dari puncak menara ini dapat terlihat pemandangan kota lama dan pelabuhan Semarang. Di tempat yang, sama pernah berdiri sebuah benteng milik VOC yang kita kenal sebagi benteng Vijfhoek. Menara syahbandar ini merupakan salah satu bukti kejayaan Semarang sebagai kota maritim kolonial di masa lampau.

12. Jembatan berog
Nama Berok berasal dari pelafalan Brug (yang berarti Jembatan) oleh pribumi.  jembatan ini berfungsi untuk menghubungkan Kota lama/ Oude Stad yang dipagari dengan benteng berbentuk segi lima (Benteng Vijfhoek) dengan bagian kota yang lain. Kalau Kita lihat dewasa ini seakan akan Kita lihat jembatan kembar, padahal jembatan Berok inI dulunya hanya satu, Jembatan yang asli sejak jaman kolonial berada di sebelah Kiri kalo Kita lihat dr arah Greja blenduk

13. Gd. Bank Mandiri
Gedung ini dulu adalah gedung NEDERLANDSCHE HENDEL MAATSCHAPPY Setelah masa kemerdekaan Indonesia gedung ini ditempati oleh MARGA BHAKTI, yang kamudian di pindah tangankan ke BANK EXIM dan PT. PANTJA NIAGA. Sekarang menjadi BANK MANDIRI

14. Kabel Bekas Traffic Light

Kabel Yg dulu trafig light gantung ini Masih dipertahankan tetap menggantug di tengah tengah jalan.

15. BANK BLANDA

16. Gd. Kantor Pertanian





16. Spar Bank

Spar bank, bank untuk masyarakat menengah kebawah

17. Bank exonto


Yang unik dari gedung ini adalah dua hias, terdapat Lambang Semarang Dan Surabaya Lambang Semarang yang di gambarkan dengan Jangkar karena Semarang merupakan Kota pelabuhan kenapa Ada singa,   singa adalah lambang kekuatan. Kenapa Ada perempuan ? Nah ini yang menarik perhatian says singkat crita setelah Blanda perang melawan  diponegoro Semarang di supplay perempuan sebagai tanda terimakasih Blanda krn membantu melawan diponegoro.

Smg Pro Blanda - Ada politik spt pakubuono

18. Gedung monodius _bursa efek hindia Blanda dulu


19. Spot instagram

Phonon tua yang berakar unik ini Jadi hits di kalangan social media karena keunikannya menempel di bangunan tua

20. Toko Buku sekaligus percetakan
 Bekas toko buku Van Dorp, toko buku terkenal di Semarang. Toko buku ini membuka cabang di kota-kota besar lain seperti Batavia, Surabaya, dan Bandung. Selain menjual buku, Van Dorp juga menjual alat-alat tulis dan membuka usaha percetakan.


Saingan Van Dorp
13. Rumah pendeta Greja Belnduk

Rumah pendeta gd. Blenduk
Beralih fungsi jadi gd. Pengadilan
Dan beralih fungsi jd Rumah makan

14. Gd. Borsumy pertama pada tahun 1939


Gd. Borsumy beralih fungsi menjadi perusahaan perdagangan indonesia
15. Gereja Blenduk

Greja Protestan ini masih berfungsi untuk  tempat ibadah penganut agama Kristen Protestan
16. Gd. Asuransi Nillmy


Gd. Yg pertama Kali Punya life di SMG gedung asuransi Nilmy,
17. Kuil Tay kak sie
Tay kak sie, bisa disebut istana para dewa, kuil dengan dewa paling lengkap, dulunya tidak berada di gang Lombok karena ingin pindah dekat sungai kuil ini dipindah karena menurut kepercayaan dengan dekat Sungai akan lebih baik,  Yg  menarik setiap ulang tahun dewa akan Ada pementasan wayang potehi mulai dari jam 7 malam sampai selesai.

Kenapa di sebut klenteng Bukan kuil,  nah setiap biksu melakukan ibadah dengan  membunyikan lonceng akan berbunyi  "klenteng"  dari situlah masyarakat sekitar menyebutnya kuil adalah klenteng.







Dewa kesabaran,

Geger pecinan perang antara orang Tionghoa  melawan VOC, kurang lebih dua bulan perang berlangsung dan menimbulan ribuan korban, sampai orang Tionghoa dulu di buatkan daerah khusus disebut pecinan, pecinan itu adalah tempat tinggal khusus bagi orang cina. Dulu harus pake paspor ketika keluar dr kawasan pecinan

Sisa Rumah etnis cina, di dalam Ada foto gusdur,

20. Kuil tongpekyo
Disebut kuil dewa bumi, klenteng ini terletak di gang pinggir kenapa dinamai gang pinggir karena pinggir kali, klenteng ini sudah menjadi cagar budaya karena sudah di resmikan Oleh walikota ukuran klenteng ini paling kecil di bandingkan klenteng klenteng lain di kawasan pecinan


Kue pia harga 45.000 apa specialnya bisa beli langsung aja kesini ya .
21. Kuil Ling Hok Bio

Kuil mensyukuri hidup dewa bumi ling hok bio, dulu adalah kuil pribadi Dan dibuka untuk Umum th. 1999

22.Kuil Kwik LAk Kwa dan dewa tito Sinar

kwik lak kwa saat peristiwa geger pecinan perang melawan voc kalah dan hilang karena tenggelam kapalnya di brebes namun nelayan di tegal mereka Masih melihat sosok beliau bahkan menurut kesaksian sempat menyembuhkan penduduk sekitar, Kwik Lak kwa tenggelam di laut laut shingga merekav mendewakan orang tersebut dengan sebutan dewa samudra




Sdikit cerita karena Th.98 hal-hal yang  berbau cina di harus di musnahkan di geger pecinan, bangunan-bangunan sekitarpun yang berbau cina dihancurkan, Jadi tinggal beberapa bangunan di pecinan ini yang Masih bisa di lihat.

JL. Wotgandul -jembatan gantung di blakang bangunan kuil tertua.

Di Kawasan pecinan ini terdapat pasar karena dulu ketika pengotakan terhadap kaum tioghoa untuk bertahan hidup memanggil suku jawa untuk berdagang, nah jd lah pasar pecinan di wot gandul.
23. Kuil Hok Bio

Kuil hok bio, di kuil ini Setiap Hari ultah dewa akan di arak di kawasan pecinan,
Nah di kawasan in Juga terdapat Rumah kertas konon kaum Tionghoa Rumah kertas ini Akan di bakar untuk dikirim ke orang yang sudah meninggal. Rumah in Juga Ada sertifikatnya dengan bahasa hokyan, ketika sertifikatnya salah g Akan di akui, nah typo gak bisa di ampuni tuh.






Keturunan ke 8 pembuat Rumah kertas

Nah dua jam Kita keliling kawasan Kota lama dan pecinan bareng bersukaria Dan phinemo. Banyak banget Hal yang baru Saya ketahui. Dan bener kan belajar  sejarah itu asyik banget, apalagi belajar sejarahnya langsung survey kayak gini.
Semoga review ini bermanfaat dan semangat terus belajar sejarah. Sejarah itu asyik kan.

Rabu, 18 November 2015

APA SAJA YANG HARUS DI PERSIAPKAN SAAT BACKPACKING

Hai gan,  kalian ngaku Backpacker, nah pasti kadang bingung nih apa saja sih yang harus di persiapkan sebelum berbackpacking ria, menjadi seorang backpacker sebenernya lebih berat di banding traveller, apa bedanya sih backpacker sama traveller ? menurut saya backpacer itu lebih survival ketika jalan - jalan, kenapa demikian, karena seorang backpacker itu bisa tidur dimana saja, kapan saja dia mau, entah di terminal, setasiun, bandara, bahkan tidur di toilet juga di jabanin asal bisa tidur. dibanding traveller yang biasanya ngikut saja sama opentrip yang ada fasilitas komplit tinggal berangkat.

Nah gan ini Tips dari gue buat kalian yang suka Backpackeran  simak ya.?

1. Tentukan Itinerary, apa itu Itinerary ? Itinerary adalah Urutan jadwal yang harus kita buat saat Backpacking, Itin sangat penting karena mau kemana kita, dengan apa kita kesana, jam berapa kita berangkat, jam berapa kita harus cabut semua harus tercantum dalam itinerary yang kita buat, tanpa itin biasanya karena keinginan berlebihan untuk mengunjungi suatu tempat tanpa perhitungan waktu tempuh dan kendala transportasi bisa menyebabkan waktu terbuang atau biaya menjadi mahal bahkan ketinggalan jadwal Bus, atau pesawat. nah sangat beresiko bukan, jadi Buat itinerary sedetail mungkin, browsing cari informasi di Internet sebanyak mungkin atau tanya temen kamu yang sudah pernah ke lokasi yang kamu ingin kunjungi.

2. Packing, nah apa saja yang biasanya kalian bawa saat backpackeran, Bawa seperlunya sesuai destinasi yang akan kalian kunjungi, kalo kalian mau kepantai pakai baju yang mact sama pantai kolor sama kaos pendek cukuplah, kalo di Gunung pake pakaian yang sesuai daerah pegunungan switter atau jaket tebal, sarung tagan, kupluk jangan pake bikini di gunung nanti banyak yang bersedia ngangetin, kalo city Tour simple aja ya Topi celana pendek sepatu ket, kaos saya rasa cukup kece kalo mau tambah kece lagi siapkan asesoris  yang bikin penampilanmu tambah WOW, gak mau kan keliatan jelek di mata kamera, ya kan, kalo wajah kamu kumel karena perjalanan, Tipsnya biar keliatan tetep kece bisa pakai kacamata, atau di padukan sama Topi karena g mungkin juga kan kita pake Pomade di pantai / gunung. atau kalo g ada air pas di gunung bisa pake tisu basah buat cuci muka biar keliatan bahagia. looh kok malah ngebahas fashion, back to packing, langsung Tips aja ya, kalo mau pakaian yang seabreg itu muat di backpack kamu, gulung setiap pakianmu dan di kareti pake karet gelang, gulungan pakaian juga menjadikan pakaian tetap rapi loh g perlu bawa setrika ke pantai mau di colokin dimana coba. nah obat - obatan pribadi, bisa bawa paracetamol kalo panas, obat alergi, obat mag, obat diare, atau anti septic kalo kegores karang atau batu. 

3. Kamera nah yang satu ini sangat menunjang perjalanan anda, dengan kamera anda bisa mengabadikan moment setiap waktu yang berkesan. Barang satu ini wajib dibawa bagi yang punya, karena suatu saat kita bisa ceritakan masa indah kita sama anak cucu kita nanti. "dek ini loh temen ayah dulu kalo di kereta suka tidur di kolong kursi," dek ini loh ayah dulu pernah ke toraja disini kalo anak kecil meninggal di gantung di pohon sama petinya. nah kan jadi Baper pengen punya anak' duh mamahnya anak - anak lg disimpen tuhan sabar - sabar.
 
4. Surat - surat penting. Surat penting seperti Pasport, KTP, atau STNK kalo bawa kendaraan pribadi jangan lupa ketinggalan, karena kita tidak tau hal apa yang akan terjadi saat kita backpackeran. jangan lupa bawa tas kecil / tas pinggang buat tempat surat - surat penting / Dompet dan HP, Karena bakalan ribet kalo kalian jadikan satu sama backpack yang kalian gendong sehari - hari.

5. SmartPhone. Jaman modern kaya gini barang satu ini sangat menunjang perjalan kita selain kita pake buat cari destinasi meskipun sudah ada itin, smartphone bisa menolong kita saat tersesat, kadang destinasi yang kita kunjungi penduduk lokalpun tidak tau namanya, kalo kita nanya nama lokasi tersebut, kita tunjukan gambar saja yang ada di smartphone kita ke pada penduduk sekitar apa lagi terkendala bahasa, dengan menunjukan gambar penduduk lokal lebih mengerti dibanding nama destinasi yang anda tuju.

6. Stopcontak - Barang satu ini sangat berguna loh, di lokasi yang kita kunjungi kadang smartphone kita mati bahkan powerbank juga mati cari aja masjid, numpang istirahat sama cocolin tuh stopkontack. kadang juga kalo di kereta cuman satu colokan biasanya rebutan ahaay dengan bawa stopkontact sendiri bahkan kita bisa menolong teman. 

Nah ribet kan kalo bawa kresek kemana - mana
Cukup kali ya gak perlu bawa banyak - banyak yang penting penting saja yang dibawa kalo bisa di tata yang rapi tuh barang di sisain buat oleh - oleh, kalo yang biasa pergi pulang bawa oleh - oleh kalo aku sih ogaaah bawa oleh- oleh. kalo mau oleh oleh sini kenal abang lebih dekat nanti ta critain banyak hal. ha..ha modus, Oke bay thanks ya udah baca sampe abis. salam Ransel


Sabtu, 14 Februari 2015

PANTAI UNIK DI MADURA - PANTAI LOMBANG

PANTAI LOMBANG 

Merupakan salah satu pantai yang ada di kabupaten Sumenep, Madura. Pantai ini terletak di sebelah timur Sumenep kira - kira berjarak 25 km. Pantai Lombang merupakan salah satu tempat wisata unggulan di Bumi Sumekar.
Suasana Pantai 
Keunikan pantai ini terletak pada keindahan alamnya yang merupakan pantai satu - satunya yang berada di Indonesia dengan bibir pantai yang di kelilingi hutan pohon cemara. di pantai ini anda bisa menikmati pasir pantai yang lembut dan deburan ombak yang tenang di sertai suasana sejuk pohon cemara yang siap menyambut anda melepaskan penat. Anda juga bisa menunggang kuda hanya dengan Rp10.000 bisa mengelilingi bibir pantai yang eksotis

Lagi - lagi Sampah
Di pantai ini anda juga bisa menikmati berbagai kuliner yang di sediakan beberapa rumah makan sekitar, seperti Rujak Cingur, Rujak Lontong, Es Kelapa muda, dan sebagainya, sambil memanfaatkan tempat duduk yang di sediakan di bawah pohon cemara, anda bisa bergurau ria menikmati surga dengan kawan anda.
Yoga di Pantai
Untuk mencapai lokasi anda dapat memanfaatkan angkutan umum, persewaan mobil, atau menyewa ojek dengan waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan dari Kota Sumenep. Jika Anda dari luar Pulau Madura, Anda dapat menyeberang melalui jembatan Suramadu. Dari Bangkalan, Anda dapat menggunakan angkutan umum menuju Kota Sumenep.

Jalan Menuju Pantai di kelilingi Rumah Makan

Gazebo pantai

Rabu, 24 Desember 2014

Green Youth Festival 2014

       Desember, minggu pagi tanggal 21 di tahun 2014, Mungkin banyak orang berfikir hari minggu, enaknya santai di depan TV sambil ngemil dan males - malesan. nah ini cerita minggu pagi w gan, Minggu ini w ada acara "GREEN YOUTH FESTIVAL 2014" di Graha Phatma, semarang. acara ini menarik menurut w, karena di sisi w dapetin ilmu tentang bagaimana melestarikan alam, dapet temen juga dari komunitas - komunitas sesemarang.



       Tujuan acara ini adalah para pemuda yang mengikuti acara #GYF2014 diharapkan semakin sadar dan ikut bergerak dalam upaya pentingnya pelestarian lingkungan sekitar, dengan tema "Youth Action for Environment" acara ini di ikuti ratusan peserta muda mudi dari komunitas sesemarang.

       Talk Show dari Vania Santoso (Ecopreneur), Dini Hajarrahmah (Founder CEO Semarang) dan Gues Star Artis Ibukota yang w belum kenal, memberikan stimulus dalam otak w, bahwa kita harus lebih sadar dan membiasakan diri mulai dari sekarang, untuk menjaga alam ini agar Tuhan yang telah menciptakan alam ini dengan tersenyum dan indahnya tidak rusak akibat kebiasaan kebiasaan buruk kita. selain itu Vania juga memberikan contoh beberapa produk daur ulang yang  dijadikannya tas yang bernilai ekonimi tinggi. nah semakin seru kan acaranya, lanjut nih gan, artis ibukota nyanyi dangdut buueh gempar dah satu ruangan. kebayangkan gimana hebohnya.

     






Selain itu acara puncaknya kita nanam mangrove di sungai deket Bandara Ahmad Yani Semarang, Siang itu panas terik tak meredupkan nyali kita buat mengabdi ke alam, kita di bekali segepok Pohon mangrove, kita juga di bekali ilmu cara menanam dan merawat nagrove yang benar.



Nah sedikit menyesal dan heran juga sih selesai menanam mangrove temen - temen peserta yang udah dibekali ilmu cara melestarikan alam malah buang Tisu sembarangan (Tisu bekas bersih-bersih badan yang kena lumpur), Bueeh w dan temen - temen w "BACKPACKER SEMARANG" langsung ambil langkah buat ngepungut tuh sampah yang berceceran disekitar lokasi penanaman mangrove "Dasar anak muda..!! sempet juga w tanya sama panitia "Ada trashbag? beliau jawab Maaf mas Lupa bawa, Duuuuh,.. Langsung deh Dus tempat minum yang udah g ke pake kita jadiin tempat sampah dadakan.  #SalamLestari Ingat ya teman - teman sampah sekecil apapun kalo kalian buang sembarangan bisa jadi petaka.


Rabu, 12 Maret 2014

PLAYON SAK KESELE KEKANCAN SAK LAWASE

Lari dengan aksesoris nempel di tubuh yang menyala...wah bisa bayangin gak gimana serunya,.? nih gan, simak ya,. GLOW RUNN dari Semarang Runner dalam agenda salah satu produk sepeda motor, agenda ketiga  dari empat kota terpilih yaitu Semarang yang di adakan tanggal 22 februari 2014 kemaren, acara ini di ikuti kurang lebih 1500 peserta runner di seluruh jawa tengah,

Lari dengan jarak 5 K bagi muda mudi yang belum terbiasa memang sedikit membuat kringat bercucuran dan terpacunya jantung lebih cepat berdetak, ya begitulah keadaanya,..tapi mereka semangat menghiasi jalanan di kota semarang dengan lampu -lampu hiasnya , start dari taman KB dan kembali ke sana sudah cukup menguras tenaga mereka, 100 starter pertama mendapatkan medali sperti atlit - atlit lari nasional di sea games, dan juara pertamanya bisa ikut lari di Singapore lo,  wah seru kan....!! 
EXHIBITION RUN 
Nah beda nih yang ikut lari exhibition run, jarak tempuh 12, 5 K - 13 K, dengan 3 groub start yang berbeda - beda, saya kebetulan ikut di groub S start dari Balai Kota semarang, Semarang runner di tunjuk sebagai komunitas utama yang mewakili exhibition runn.
Nah gan sebelum ikut lari ini nih, kita latihan setiap malam sabtu, trial 3 kali dengan jarak 12 K di sekitar semarang, meskipun tiap hari kamis Semarang Runner dengan agenda rutinnya Playon Kamis Bengi (PKB)  sudah melatih otot kita buat persiapan Exhibition runn, kita tetep harus latihan meskipun hujan badai menerpa tetep playon sak kesele,..kesel tapi sehat yo ora gan.?
SUKSES 12, 5 - 13 K merupakan suatu prestasi buat saya sendiri, mungkin inilah lari ter jauh yang pernah saya ikuti, yah sukur bisa selamat meskipun, sempet kram, tapi liat temen - temen semangat saya kuat dan semangat, 
Exhibition Run Meeting poin Banjir kanal

Para sahabat baik saya

Ingat gan, masa muda masanya ber api - api, (dangdut)  ayo tunjukan prestasi kita pada dunia, minim pada diri kita kalo kita BISA,.. #SEMANGAT_PLAYON 




REAKSI REkreasi Sambil berAKSI with adek - adek ku yang selalu semangat

Hai  guys, lama gak posting nih, sebenarnya banyak hal yang saya lakukan di dunia ini, dunia nyata, bukan sosmed, dan seharusnya banyak hal yang bisa saya shear disini tapi sayang sekali baru ada kesempatan buat buka laptop dan sedikit corat coret kembali di coretan manis ini, nah ini sebagian kegiatan yang pernah saya ikuti simak ya...sampe selesai dan ambil sisi positifnya..chek this out.
REAKSI (Rekreasi Sambil Beraksi)
Kegiatan ini merupakan kegiatan sosial yang mengakhiri tahun 2013 saya, dimana komunitas tangan ke dua yang merangkul komunitas Backpacker Semarang untuk mengajak adek - adek panti asuhan belajar dan berekreasi di gedung songo, saya disini menjadi volunteer bagi adek - adek panti dimana saya harus membuat mereka senang, bahagia, nyaman dan selalu tersenyum di perjalanan trip kali ini,
BERSYUKUR, yah bersyukur adalah ungkapan yang saya rasakan ketika melihat dan terseyum bersama mereka, hidup ini memang sulit di tebak, seperti pelangi "kalau kita pengen lihat pelangi, kita pasti lihat mendung dan grimis dulu" jika kita pengen hidup berkecukupan kita harus berjuang sedemikian kerasnya, malu sebenarnya ketika saya bersama adek - adek panti yang tetap semangat meskipun sudah g punya orang tua, mereka tetep semangat, jempol buat mereka,
Semangat ya buat kalian, ka CUZ kangen kalian,.. bahagia itu sederhana ketika saya melihat orang disekitar itu tersenyum itu sudah menjadi satu hal yang luar biasa buat saya,. 
Kita semua yang masih di beri kelengkapan keluarga seharusnya bersyukur, karena kemanapun kita pergi mengembara di masa muda keluarga adalah rumah untuk kembali, nah bayangakan anak sekecil mereka yang belum pernah melihat wajah orang tuanya, wajah yang polos itu..aduh saya g bisa membayangkan jika saya berada si posisi mereka, trimakasih buat Allah yang masih memberikan kesempatan bagi hamba melihat, mencium kedua orang tua saya, terimakasih kepada kedua orang tua saya yang sudah membesarkan dan membiayayi semua kebutuhan saya, terimakasih buat keluargaku semua,
Special  thanks for Tangan ke2 dan Backpacker semarang yang sudah memberikan kesempatan bagi saya untuk mengerti arti hidup yang sesungguhnya
Semoga coretan ini memberikan inspirasi bagi kalian yang baca agar kita tetap terus bersyukur dan memberikan apa yang bisa kita berikan bagi sekitar
#SALAM_LESTARI #SALAM_SUPER

Kamis, 14 November 2013

BROMO Gunung Eksotis di Jawa Timur

Bromo-Gunung paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur, Gunung Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten ProbolinggoPasuruanLumajang, dan Kabupaten Malang. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.

Bagi penduduk Bromo, suku Tengger, Gunung Brahma (Bromo) dipercaya sebagai gunung suci. Setahun sekali masyarakat Tengger mengadakan upacara Yadnya Kasada atau Kasodo. Upacara ini bertempat di sebuah pura yang berada di bawah kaki Gunung Bromo utara dan dilanjutkan ke puncak Gunung Bromo. Upacara diadakan pada tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 di bulan Kasodo (kesepuluh) menurut penanggalan Jawa.dilangsir wikipedia
Ramai, Keindahan gunung bromo terkenal di dunia, itu terbukti dengan banyaknya turis asing yang ingin menikmati wisata keindahan alam Indonesia. tak kalah dengan turis lokal yang juga memadati puncak gunung bromo, sehingga antrian menuju puncak bromo sangat padat dari sebelum anak tangga hingga puncak bromo.
Selain Sensasi berada di puncak gunung bromo anda bisa menikmati sunset atau sunris di pananjakan 1 atau 2, sebelumnya anda akan melewati pasir berbisik, dan bukit teletubis.


Berikut suasana Bromo chek this Out
kepadatan sunrist
sunrist lagi
Bromo dari pananjakan 1
Pencilaan
Sempurna alam indonesia itu sangat indah, keindahan - keindahan alam di indonesia perlu kita jaga, terutama dari sampah, limbah corat -coret orang yang tak bertanggung jawab, sebagai orang penikmat alam saya sangat prihatin dengan hal ini.
Gn. Batok dengan Bromo





Gn. Batok bersebelahan dengan Bromo